PERAN PEMERINTAH DALAM PEMBERDAYAAN PEMUDA DI DESA (Lesabe Tabukan Selatan Kabupaten Kepulauan Sangihe)

Authors

  • Mervi Takalawangen
  • Michael Mantiri
  • Donald Monintja

Abstract

Pemuda merupakan tongkat estafet untuk meneruskan cita-cita bangsa Indonesia. Mereka merupakan tulang punggung dan penerus masa depan ini. Tidak dapat dipungkiri pemuda memiliki peran penting dalam setiap perubahan dan pembangunan kearah cita-cita bangsa Indonesia. Oleh karena itu, merupakan suatu peluang dalam setiap pembangunan bangsa dalam melakukan pemberdayaan kepada para pemuda. Pemberdayaan yang dilakukan kepada para pemuda sebagai salah satu kegiatan yang tidak diabaikan dalam menyiapkan kehidupan bangsa Indonesia ini dimasa yang akan datang. Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana Peran Pemerintah dalam Pemberdayaan Pemuda didesa Lesabe, Kecamatan Tabukan Selatan, Kabupaten Kepulauan Sangihe. Dalam menyikapi masalah yang ada, penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif data yang diperoleh bersumber dari penelitian kuran lebih satu bulan dengan informan yang sudah ditetapkan sebelumnya.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran pemerintah desa belum maksimal terlihat belum adanya program yang menyentuh pemuda didesa sehingga pemuda merasa terabaikan dari pemerintah. Dengan dibentuknya karang Taruna pada bulan Februari mampu merangkul pemuda desa dan menfasilitasi kegiatan-kegiatan kepemudaan selain kegiatan keagamaan yang ada didesa.

Kata kunci: Pemerintah, Pemberdayaan, Pemuda

Downloads

Published

2019-10-11

How to Cite

Takalawangen, M., Mantiri, M., & Monintja, D. (2019). PERAN PEMERINTAH DALAM PEMBERDAYAAN PEMUDA DI DESA (Lesabe Tabukan Selatan Kabupaten Kepulauan Sangihe). JURNAL EKSEKUTIF, 3(3). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jurnaleksekutif/article/view/25494

Issue

Section

Articles