PERAN PARTAI POLITIK DALAM MEMBERIKAN PENDIDIKAN POLITIK BAGI MASYARAKAT DI KECAMATAN MOTOLING KABUPATEN MINAHASA SELATAN (Studi Pada Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kecamatan Motoling)

Authors

  • Dennis Hizkia Lumeno Program Studi Ilmu Politik FISPOL-Unsrat
  • Agustinus B Pati Program Studi Ilmu Politik FISPOL-Unsrat
  • Jones Tompodung Program Studi Ilmu Politik FISPOL-Unsrat

Abstract

Pendidikan politik merupakan proses pembelajaran bagi masyarakat sebagai warga negara. Sedari dini, kita telah diberikan pendidikan tentang arti penting politik itu sendiri baik dari pelajaran di sekolah maupun pada lingkungan keluarga. Karena pada dasarnya, pemahaman perihal politik tidak hanya sekadar memilih calon A maupun B tapi politik punya arti yang sangat luas dan banyak maknanya bagi kehidupan masyarakat. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Peran Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dalam Memberikan Pendidikan Politik Kepada Masyarakat di Kecamatan Motoling Kabupaten Minahasa Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini berlokasi pada Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kecamatan Motoling Kabupaten Minahasa. Dari hasil penelitian didapati bahwa Peranan dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kecamatan Motoling dalam memberikan pendidikan politik kepada masyarakat dilaksanakan dengan beberapa kegiatan melalui kampanye, sosialisasi, bakti social dan beberapa kegiatan kemasyarakatan guna memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai wawasan kebangsaan dan kesadaran masyarakat akan pentingnya partisipasi dalam pemilihan umum.  PDI Perjuangan secara rutin melakukan pendidikan politik kepada kader.

 

Kata Kunci : Pendidikan Politik, PDIP, Masyarakat

 

Downloads

Published

2021-01-06

How to Cite

Lumeno, D. H., Pati, A. B., & Tompodung, J. (2021). PERAN PARTAI POLITIK DALAM MEMBERIKAN PENDIDIKAN POLITIK BAGI MASYARAKAT DI KECAMATAN MOTOLING KABUPATEN MINAHASA SELATAN (Studi Pada Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kecamatan Motoling). JURNAL EKSEKUTIF, 2(1). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jurnaleksekutif/article/view/37577

Issue

Section

Articles