PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT PADA PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW TIMUR TAHUN 2020 (Studi di Desa Purworejo Kecamatan Modayag)

Authors

  • Sultan Afrian Sutami Program Studi Ilmu Politik FISPO-Unsrat
  • Marlien T Lapian Program Studi Ilmu Politik FISPO-Unsrat
  • Wiesje Wilar Program Studi Ilmu Politik FISPO-Unsrat

Abstract

Partisipasi politik merupakan aspek penting dalam sebuah tatanan negara demokrasi, Sekaligus merupakan ciri khas adanya modernisasi politik. Secara umum dalam masyarakat tradisional yang sifat kepemimpinan politiknya lebih ditentukan oleh segolongan elit penguasa, keterlibatan warga negara dalam ikut serta memengaruhi pengambilan keputusan, dan memengaruhi kehidupan bangsa relatif sangat kecil. Warga negara yang hanya terdiri dari masyarakat sederhana cenderung kurang diperhitungkan dalam proses-proses politik. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui tingkat partisipasi politik masyarakat dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Timur di Desa Purworejo Kecamatan Modayag Kabupaten Bolaang Mongondow Timur Tahun 2020. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Fokus dalam penelitian ini yakni mengenai partisipasi politik masyarakat Desa Purworejo Kecamatan Modayag dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Timur Tahun 2020 dengan menggunakan teori teori Miriam Budiardjo tentang partisipasi politik dengan melihat aspek-aspek Pemberian suara dalam pemilu; Menghadiri rapat umum dan Menjadi anggota partai. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa ketiga aspek yang diteliri tersebut berjalan dengna baik dengna pencapaian partisipasi masyarakat dalam pilkada sebesar 94.5%.

 

Kata Kunci : Partisipasi Politik, Masyarakat, Pilkada

Downloads

Published

2021-01-06

How to Cite

Sutami, S. A., Lapian, M. T., & Wilar, W. (2021). PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT PADA PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW TIMUR TAHUN 2020 (Studi di Desa Purworejo Kecamatan Modayag). JURNAL EKSEKUTIF, 2(1). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jurnaleksekutif/article/view/37578

Issue

Section

Articles