PERAN TOKOH AGAMA DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT DALAM PEMILIHAN LEGISLATIF TAHUN 2019 DI TOMPASO BARAT (Studi Kasus di Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) Wilayah Tompaso)

Authors

  • Jonathan Ch Sumilat Program Studi Ilmu Politik FISPOL-Unsrat
  • Agustinus B Pati Program Studi Ilmu Politik FISPOL-Unsrat
  • Maxi Egeten Program Studi Ilmu Politik FISPOL-Unsrat

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Peran Tokoh Agama Dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih Pada Pemilihan Legislatif Tahun 2019 Di Tompaso terlebih Khusus pada Jemaat GPdI Wilayah Tompaso. Pemilihan umum sebagai sarana demokrasi telah digunakan disebagian besar negara di dunia termasuk Indonesia, yang notabene memiliki masyarakat yang heterogen. Melalui pemilu memungkinkan semua pihak bisa terakomodasi apa yang diinginkan dan yang dicita-citakan sehngga terwujud kehidupan yang lebih  baik. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa Tokoh agama mempunya peran dalam Peilihan Anggota Legislatif Tahun 2019 dilihat dari khotbah, dialog, pesan politik yang diberikan oleh tokoh agama dalam proses pelaksanaan pemilu Anggota Legislatif tahun 2019. Peran tokoh agama dalam Pemilihan Umum Anggota Legislatif dalam meningkatkan partisipasi politik masyarakat dilakukan atas dasar tanggungjawab iman terhadap masyarakat sehingga merasa penting untuk memberikan nasehat politik kepada masyarakat. Masyarakat Kecamatan Tompaso Barat sangat merasakan tanggungjawab dari tokoh agama dalam peranannya di Pemilihann Anggota Legislatif. Masyarakat selalu diberikan nasehat daari tokoh agama untuk bagaimana seharusnya aktif di dalam pelaksanaan pemilu.

 

 

Kata Kunci: Peran, Tokoh Agama, Partisipasi Politik, Masyarakat

 

 

Downloads

Published

2022-03-20

How to Cite

Sumilat, J. C., Pati, A. B., & Egeten, M. (2022). PERAN TOKOH AGAMA DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT DALAM PEMILIHAN LEGISLATIF TAHUN 2019 DI TOMPASO BARAT (Studi Kasus di Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) Wilayah Tompaso). JURNAL EKSEKUTIF, 2(1). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jurnaleksekutif/article/view/39578

Issue

Section

Articles