Kinerja Pemerintah Kelurahan Dalam Pengelolaan Dana Kelurahan (Suatu Studi Di Kelurahan Uwuran 2 Kecamatan Amurang Kabupaten Minahasa Selatan Selatan)

Authors

  • Leonardo Jacky Pattylima Program Studi Ilmu Pemerintahan Unsrat
  • Marlien T Lapian Program Studi Ilmu Politik Unsrat
  • Welly Waworundeng Program Studi Ilmu Pemerintahan Unsrat

Abstract

Tujuan ini penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas penggunaan dana kelurahan dalam pembangunan sarana dan prasarana di Kelurahan Uwuran 2 Kecamatan Amurang Kabupaten Minahasa Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Untuk memperoleh data yang akurat, relevan, dan dapat dipertanggungjawabkan maka penulis menggunakan beberapa teknik dalam pengumpulan data yakni melalui Observasi, Wawancara dan Studi Kepustakaan. Data kemudian dikelompokkan agar lebih mudah dalam menyaring mana data yang dibutuhkan dan mana yang tidak. Setelah dikelompokkan, data tersebut penulis jabarkan dengan bentuk teks agar lebih dimengerti. Setelah itu, penulis menarik kesimpulan dari data tersebut, sehingga dapat menjawab pokok masalah penelitian. Dari hasil penelitian didapati bahwa Kinerja Pemerintah kelurahan Uwuran 2 dalam pengelolaan dana kelurahan tahun 2020 dapat dikatakan berhasil dari segi pembangunan dan pemberdayaan dimana pada pelaksanaanya program pembangunan tersebut dapat berjalan dengan baik. Masukan dari pemerintah kecamatan dan kabupaten serta masyarakat berpengaruh terhadap program pembangunan yang diusulkan berdasarkan musrenbang kelurahan.

 

Kata Kunci: Kinerja, Pemerintah Kelurahan, Dana Kelurahan

 

Downloads

Published

2023-01-17

How to Cite

Pattylima, L. J., Lapian, M. T., & Waworundeng, W. (2023). Kinerja Pemerintah Kelurahan Dalam Pengelolaan Dana Kelurahan (Suatu Studi Di Kelurahan Uwuran 2 Kecamatan Amurang Kabupaten Minahasa Selatan Selatan). JURNAL EKSEKUTIF, 3(1). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jurnaleksekutif/article/view/45918