Efektivitas Verifikasi Faktual Partai Politik Peserta Pemilu Tahun 2024 Di Kota Tomohon (Studi Di Komisi Pemilihan Umum Kota Tomohon)

Authors

  • Olivia Virgin Ezra Wenas Program Studi Ilmu Politik Unsrat
  • Wiesje F Wilar Program Studi Ilmu Politik Unsrat
  • Agustinus B Pati Program Studi Ilmu Politik Unsrat

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui Efektivitas Verifikasi Faktual Partai Politik Peserta Pemilihan Umum tahun 2024 di Kota Tomohon yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah Kota Tomohon. Dalam suatu pemilu yang melibatkan berbagai pihak seperti partai politik (parpol), Komisi Pemilihan umum (KPU) dibantu oleh Sekretariat Jenderal beserta KPU Provinsi dan KPU Kabupaten, dan masyarakat umum ini, menimbulkan berbagai masalah yang muncul terutama dalam persiapan yang akan dihadapi untuk pemilu kedepan yang terkait dengan verifikasi Daftar Calon Sementara dari beberapa peserta Parpol yang terlibat. Proses verifikasi partai politik peserta pemilu yang dilaksanakan tahun 2022 merupakan aturan untuk melihat apakah sebuah partai politik layak sesuai ketentuan perundangan untuk mengikuti pemilu pada tahun 2024 tak terkecualui di Kota Tomohon. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penyelenggaraan Verifikasi Faktual partai politik peserta pemilihan umum tahun 2024 di Kota Tomohon berjalan dengan baik sesuai dengan rencana yang ditentukan, dukungan dari pemerintah, TNI, Polri dan Bawaslu sangat menunjang keberhasilann verifikasi partai politik peserta pemilu tahun 2024 di kota tomohon.

 

Kata Kunci: Efektivitas, Verifikasi, Partai Politik, Pemilu

Downloads

Published

2023-03-23

How to Cite

Wenas, O. V. E., Wilar, W. F., & Pati, A. B. (2023). Efektivitas Verifikasi Faktual Partai Politik Peserta Pemilu Tahun 2024 Di Kota Tomohon (Studi Di Komisi Pemilihan Umum Kota Tomohon). JURNAL EKSEKUTIF, 3(1). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jurnaleksekutif/article/view/47374