Partisipasi Politik Masyarakat Pada Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan Tahun 2020 (Studi Di Desa Iligon Kecamatan Pinolosian Timur)

Authors

  • Indaranti Molalinda Program Studi Ilmu Politik Unsrat
  • Agustinus B Pati Program Studi Ilmu Politik Unsrat
  • Jones Tompodung Program Studi Ilmu Politik Unsrat

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui tingkat partisipasi politik masyarakat dalam Pemilihan Kepala Daerah di Desa Iligon Kecamatan Pinolosian Timur Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan Tahun 2020. Perwujudan demokrasi di tingkat lokal salah satunya adalah dengan melaksanakan Pemilukada di daerah-daerah untuk memilih gubernur dan wakil gubernur, bupati/walikota dan wakil bupati/wakil walikota. Pemilukada secara langsung merupakan perwujudan pengembalian hak-hak dasar rakyat dalam memilih pemimpin daerah. Dengan itu rakyat memiliki kesempatan dan kedaulatan untuk menentukan pemimpin daerah secara langsung, bebas dan rahasia tanpa intervensi dari manapun. Pemilukada juga merupakan salah satu sarana pendidikan politik bagi masyarakat yang bersifat langsung dan terbuka, yang dapat meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai demokrasi. Partisipasi masyarakat dalam pilkada merupakan hal yang penting, mengingat legitimasi masyarakat juga terletak pada jumlah partisipasi masyarakat yang memilih. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemberian suara pada pilkada bolaang mongondow selatan di desa Iligon sudah termasuk baik, hal tersebut pengaruh dari tim sukses dan juga calon yang ditawarkan oleh partai politik, Keikutsertaan masyarakat dalam kegiatan kampanye ataupun rapat umum tak terlepas dari peran partai politik itu sendiri yang memberikan pendidikan politik.

 

 

Kata Kunci: Partisipasi Politik, Masyarakat, Pilkada

Downloads

Published

2023-04-27

How to Cite

Molalinda, I., Pati, A. B., & Tompodung, J. (2023). Partisipasi Politik Masyarakat Pada Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan Tahun 2020 (Studi Di Desa Iligon Kecamatan Pinolosian Timur). JURNAL EKSEKUTIF, 3(2). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jurnaleksekutif/article/view/47776