Strategi Pemenangan Calon Anggota Legislatif Perempuan Pada Pemilu Legislatif Tahun 2019 (Studi Pada Salah Satu Caleg Perempuan Terpilih Pada Partai PDI Perjuangan Di Dapil 3 Kabupaten Minahasa)

Authors

  • Feronica Chensie Gioh Program Studi Ilmu Pemerintahan Unsrat
  • Wiesje F Wilar Program Studi Ilmu Politik Unsrat
  • Trilke Tulung Program Studi Ilmu Politik Unsrat

Abstract

Secara umum tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menemukan, mengembangkan dan membuktikan pengetahuan. Sedangkan tujuan penelitian secara khusus  adalah untuk menemukan sesuatu yang belum pernah ada atau belum  diketahui. Maka dari itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemenangan calon anggota legislative perempuan pada pemilu legislative 2019 (studi pada caleg salah satu caleg perempuan terpilih pada PDI Perjuangan di dapil 3 kabupaten minahasa). Strategi pemenangan adalah hal yang mutlak dan harus dimiliki setiap peserta kompetisi politik dalam upaya untuk memenangkan pemilu. Penelitian ini dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, akan mengkaji strategi yang dimainkan oleh anggota legislative terpilih yang diusung partai PDI Perjuangan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dari penelitian yang dilakukan peneliti mendapat beberapa simpulan bahwa strategi pemenangan yang dilakukan caleg perempuan yakni objek dalam penelitan ini seluruhnya hampir sama dengan strategi caleg pada umumnya dan tentunya memiliki tujuan yang sama, hanya saja cara pelaksanaannya yang berbeda. Peran partai politik juga tidak semua bisa dapat membantu calegnya dalam hal merumuskan strategi pemenangan.

 

 Kata Kunci: Strategi, Pemenangan, Caleg, Perempuan

 

Downloads

Published

2023-05-14

How to Cite

Gioh, F. C., Wilar, W. F., & Tulung, T. (2023). Strategi Pemenangan Calon Anggota Legislatif Perempuan Pada Pemilu Legislatif Tahun 2019 (Studi Pada Salah Satu Caleg Perempuan Terpilih Pada Partai PDI Perjuangan Di Dapil 3 Kabupaten Minahasa). JURNAL EKSEKUTIF, 3(2). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jurnaleksekutif/article/view/48072