Partisipasi Politik Masyarakat Pada Pemilihan Walikota Dan Wakil Walikota Manado Tahun 2020 (Studi di Kecamatan Malalayang)

Authors

  • Kurniawan H Lumasuge Program Studi Ilmu Politik Unsrat
  • Marlien T Lapian Program Studi Ilmu Politik Unsrat
  • Agustinus B Pati Program Studi Ilmu Politik Unsrat

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui tingkat partisipasi politik masyarakat dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Manado di Kecamatan Malalayang Kota Manado Tahun 2020. Partisipasi politik merupakan aspek penting dalam sebuah tatanan negara demokrasi, Sekaligus merupakan ciri khas adanya modernisasi politik.  Dalam hubungannya dengan demokrasi, partisipasi politik masyarakat berpengaruh terhadap jalannya suatu pemerintahan.  Pada suatu pemilu misalnya partisipasi politik berpengaruh terhadap pengambilan keputusan masyarakat kepada pasangan calon yang terpilih.  Setiap masyarakat memiliki pilihan dan kepentingan masing-masing untuk menentukan pilihan mereka dalam pemilu. Dalam pilwako kota manado, partisipasi masyarakat dalam penilihan tersebut tergolong tinggi. Termasuk di kecamatan malalayang namun partisipasi yang tinggi tidak diikuti dengan pengetahun masyarakat tingkat pendidikan politik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dalam pemilihan walikota dan wakil walikota manado pada tahun 2020, partisipasi masyarakat di Kecamatan Malalayang tergolong tinggi diatas 80%, hal tersebut disebabkan beberapa factor yakni sosialisasi oleh KPU. Pentingnya partisipasi masyarakat menjadikan legitimasi pemimpin lebih besar selain itu pemilihan kepala daerah berjalan dengan baik dan kondusif.

 

Kata Kunci: Partisipasi Politik, Masyarkat, Pilkada

Downloads

Published

2023-05-20

How to Cite

Lumasuge, K. H., Lapian, M. T., & Pati, A. B. (2023). Partisipasi Politik Masyarakat Pada Pemilihan Walikota Dan Wakil Walikota Manado Tahun 2020 (Studi di Kecamatan Malalayang). JURNAL EKSEKUTIF, 3(2). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jurnaleksekutif/article/view/48212