Persepsi Masyarakat Terhadap Kinerja Aparatur Desa Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Di Desa Tumpaan Kecamatan Tumpaan Kabupaten Minahasa Selatan
Abstract
Adapun tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Persepsi Masyarakat Terhadap Kinerja Aparatur Desa Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik di Desa Tumpaan Kecamatan Tumpaan. Pada Umumnya pada suatu instansi atau organisasi diperlukan peranan yang berupa kinerja dalam aparatur desa,karena aparatur desa sangat menentukan tercapai atau tidaknya pelayanan yang diberikan kepada masyarakat sesuai dengan tugas Dari Aparatur Desa. Rendahnya mutu pelayanan publik yang diberikan oleh Aparatur Pemerintah Desa menjadi citra buruk pemerintah di tengah masyarakat. Bagi masyarakat yang pernah berurusan dengan birokrasi selalu mengeluhkan, dan kecewa terhadap tidak layaknya aparatur desa dalam memberikan layanan. Paling tidak, ada banyak sekali jenis pelayanan publik yang diberikan aparatur desa kepada masyarakat, mulai dari urusan akta kelahiran sampai dengan urusan surat kematian. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Persepsi masyarakat dari aspek kualitas pelayanan public yang di berikan oleh aparat pemerintah desa Tumpaan Kecamatan Tumpaan dinilai baik dan berkualitas, Dari aspek kuantitas, pelayanan yang dilakukan oleh aparat pemerintah desa Tumpaan relative fluktuatif, artinya tidak merata dan bergantung pada kebutuhan masyarakat.
Kata Kunci: Persepsi, Masyarakat, Kinerja, Aparatur Desa, Pelayanan Publik