Efektivitas Penggunaan Media Sosial Dalam Meningkatkan Elektabilitas Calon Bupati Dan Wakil Bupati Kabupaten Minahasa Selatan Tahun 2020 (Studi Di Kecamatan Tumpaan Kabupaten Minahasa Selatan)

Authors

  • Zenly Maikel Ratag Program Studi Ilmu Politik Unsrat
  • Wiesje F Wilar Program Studi Ilmu Politik Unsrat
  • Agustinus B Pati Program Studi Ilmu Politik Unsrat

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini adalah Untuk Mengetahui Efektivitas Penggunaan Media Sosial Dalam Meningkatkan Elektabilitas Calon Bupati dan wakil Bupati pada Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020 Minahasa Selatan di Kecamatan Tumpaan. Pemilukada merupakan sebuah proses perwujudan demokrasi ditingkat daerah dalam rangka memilih kepala daerah secara langsung oleh warganya untuk mencari sosok pemimpin seperti apa yang mereka inginkan. Kehadiran media sosial mampu membuat informasi politik tidak hanya semakin masif akan tetapi tetapi juga terdistribusi dengan cepat dan bersifat interaktif. Sehingga tidak sedikit para atau aktor-aktor politik di sejumlah Negara mulai memanfaatkan media sosial sebagai proses kampanye politik. Selain itu, media sosial juga mampu untuk menjaring para pemilih pemula serta tidak memerlukan anggaran yang besar untuk proses kampanye. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancar dan studi dokumentasi. Hasil penelitian disimpulkan bahwa Efektivitas penggunaan media sosial dalam meningkatkan elektabilitas calon bupati dan wakil bupati di kabupaten Minahasa Selatan pada pemilihan tahun 2020 lalu terbukti efektif dengan dimenangkannya oleh pasangan Franky Wongkar dan Petra Rembang. Produktivitas penggunaan media sosial oleh tim sukses dan relawan tergolong efektif dengan meningkatkanya elektabilitas calon franky wongkar dan petra rembang.

Kata Kunci: Efektivitas, Media Sosial, Elektabilitas Calon

Downloads

Published

2023-08-12

How to Cite

Ratag, Z. M., Wilar, W. F., & Pati, A. B. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Sosial Dalam Meningkatkan Elektabilitas Calon Bupati Dan Wakil Bupati Kabupaten Minahasa Selatan Tahun 2020 (Studi Di Kecamatan Tumpaan Kabupaten Minahasa Selatan) . JURNAL EKSEKUTIF, 3(3). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jurnaleksekutif/article/view/50390