Peran Media Sosial Di Kalangan Ibu Rumah Tangga Dalam Meningkatkan Partisipasi Politik Pada Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020 (Studi Di Desa Atep Kecamatan Langowan Selatan)

Authors

  • Rizky Jova Lumentut Program Studi Ilmu Politik Unsrat
  • Marlien T Lapian Program Studi Ilmu Politik Unsrat
  • Trintje Lambey Program Studi Ilmu Politik Unsrat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Untuk Mengetahui Peran Media Sosial Dalam Meningkatkan Partisipasi Politik di Kalangan Ibu Rumah Tanggal pada Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020 di Desa Atep Kecamatan Langowan Selatan Kecamatan Minahasa. Media digital saat ini telah merubah bentuk dari komunikasi politik pada masyarakat modern. Perubahan ini dapat dilihat dari pada berbagai bidang politik seperti pemilu, gerakan protes atau wacana politik. Kehadiran media sosial saat ini menjadikan komunikasi politik menjadi lebih mudah diakses, tersampaikan secara langsung, dan interaktif. Salah satu pengguna media social yang aktif datang dari kalangan ibu rumah tangga, dimana kebanyakan ibu rumah tangga diwaktu luang mereka mengakses media social. Hal ini digunakan para calon dan tim sukses untuk mensosialisasikan calon mereka serta visi misi mereka sehingga dapat meningkatkan partisipasi politik masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian disimpulkan, peran Media social di kalangan ibu rumah tangga di desa atep kecamatan langowan selatan Kabupaten Minahasa pada pilkada tahun 2020 yang lalu dilihat dari segi penyampaian informasi dapat disimpulkan bahwa informasi dari media social sangat berpengaruh terhadap partisipasi politik ibu rumah tangga di desa atep, dilihat dari aspek korelasi terdapat berita-berita hoax yang dimasukkan dalam informasi di media social yang didapat oleh ibu rumah tangga yang ada di Desa Atep.

Kata Kunci: Peran, Media Sosial, Ibu Rumah Tangga, Partisipasi Politik

Downloads

Published

2023-08-19

How to Cite

Lumentut, R. J., Lapian, M. T., & Lambey, T. (2023). Peran Media Sosial Di Kalangan Ibu Rumah Tangga Dalam Meningkatkan Partisipasi Politik Pada Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020 (Studi Di Desa Atep Kecamatan Langowan Selatan) . JURNAL EKSEKUTIF, 3(3). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jurnaleksekutif/article/view/50478